Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di Cas

baterai laptop tidak mengisi saat dicas,baterai laptop acer tidak mengisi, cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge, baterai laptop asus

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di Cas
Baterai Laptop Tidak Mengisi -  Apakah Anda mengalami masalah dengan baterai laptop Anda? Apakah tidak mengisi daya seperti dulu? Jika demikian, jangan panik. Anda tidak sendirian. Banyak orang sering mengalami masalah ini. Dalam posting blog idailum.com, saya akan membahas lima cara paling umum untuk memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi daya. Mudah-mudahan, salah satu metode ini akan bekerja untuk Anda!

Saya juga akan memberikan beberapa tips bermanfaat tentang cara mencegah hal ini terjadi di masa depan. Mari kita mulai!

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Dengan Cepat

Sebelum masuk ke solusi yang lebih teknis, mari kita terlebih dahulu, coba perbaikan cepat ini dan lihat apakah ini membantu menyelesaikan masalah.

  1. Pastikan baterai laptop terpasang erat ke dalam slotnya.
  2. Periksa untuk melihat apakah Anda telah mencolokkan kabel pengisi daya dengan erat ke port pengisi daya seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.
  3. Periksa apakah Anda telah menghubungkan kabel pengisi daya ke port yang tepat di laptop Anda. Laptop modern hadir dengan dua atau lebih port USB-C yang terlihat sama. Tetapi satu untuk pengisian daya dan yang lainnya untuk transfer data. Jika Anda mencolokkan pengisi daya ke port transfer data, laptop Anda mungkin tidak akan diisi dayanya.
  4. Matikan laptop Anda dan lepaskan baterai (jika laptop Anda memiliki baterai yang dapat dilepas). Bersihkan kotoran dari kompartemen baterai dan jack daya dengan kain kering. Tunggu sekitar satu menit, lalu letakkan baterai di posisinya lagi. Nyalakan laptop dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah.

Jika tidak ada perbaikan cepat di atas yang berhasil, di bawah ini adalah beberapa solusi yang lebih rinci untuk memperbaiki masalah ini.

Baca juga: start menu windows 7 tidak berfungsi

1. Periksa stopkontak

Pertama, periksa dan lihat apakah Anda telah mencolokkan pengisi daya dengan benar ke soket dinding. ™Tidak ada harapan dalam mengisi daya laptop yang tidak terhubung ke sumber daya, jadi pastikan untuk memeriksa ulang apakah laptop itu dicolokkan dengan erat.

Jika Anda telah menghubungkan pengisi daya dengan benar, maka periksa soket dinding. Untuk ini, lepaskan pengisi daya dan colokkan ke beberapa soket lain. Jika ini menyelesaikan masalah, soket dinding Anda sebelumnya mengalami masalah.

2. Periksa Baterai Laptop

Baterai laptop bertanggung jawab untuk menyediakan daya dan daya. Jika laptop Anda tidak mengisi daya, mungkin ada masalah dalam baterai Anda.

Untuk memeriksa baterai laptop anda:

  1. Matikan laptop dan lepaskan baterai
  2. Jika baterai tidak dapat dilepas, lepaskan penutup belakang laptop. Sekarang buka sekrup baterai dan lepaskan
  3. Dengan baterai terlepas dari laptop, tekan dan tahan tombol Daya selama 20 detik. Ini akan menghapus sisa daya dari laptop
  4. Sekarang colokkan pengisi daya ke soket dinding. Jika laptop memulai dan menerima daya, itu berarti pengisi daya berfungsi dengan baik dan baterai rusak.

3. Periksa pengisi daya

Terkadang, masalahnya bisa terletak pada baterai atau pengisi daya mungkin menjadi penyebabnya. Jika laptop Anda tidak mengisi daya, Anda harus memeriksa pengisi daya laptop Anda untuk kemungkinan masalah dengannya.

Baca juga: Mouse gaming terbaik

Untuk memeriksa pengisi daya, coba gunakan pengisi daya lain. Jika berhasil, maka tidak perlu dipikirkan lagi bahwa pengisi daya Anda saat ini adalah penyebabnya.

Untuk memeriksa kabel pengisi daya, lihat kabel pengisi daya untuk kerusakan sepanjang panjangnya. Jika ada bagian kabel yang menonjol atau jika Anda melihat bau terbakar dari kabel atau adaptor, ini menunjukkan bahwa kabel pengisi daya terbakar dari dalam.

4. Periksa port pengisian daya

Buang kotoran dari port pengisian daya dengan bantuan blower. Jika port pengisian daya tampak longgar dan kabel pengisi daya tidak akan pas di dalamnya dengan kuat, ada kemungkinan jack daya Anda rusak atau rusak dari bagian dalam motherboard. Anda harus berkonsultasi dengan teknisi laptop dalam hal ini.

Terkadang jack baterai yang rusak juga menyebabkan baterai tidak mengisi daya. Untuk memeriksa jack baterai, matikan laptop dan lepaskan baterai. Bersihkan kotoran apa pun dari jack baterai. Jika longgar, pergilah ke bengkel untuk memperbaikinya.

5. Periksa kesehatan baterai

Semua baterai lithium-ion memiliki masa pakai tertentu dan aus setelah waktu tertentu.

Untuk memungkinkan Anda memeriksa sepenuhnya perangkat keras laptop, banyak OEM laptop modern, seperti HP, Dell, Lenovo, ASUS, dan lainnya termasuk perangkat lunak diagnosis perangkat.

Jika Anda menggunakan laptop lama, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa kesehatan baterai:

  1. Buka menu windows dan ketik powershell. Klik Jalankan sebagai Administrator di sisi kanan.
  2. Di jendela PowerShell, ketik powercfg /batteryreport /output "C:battery-report.html (termasuk koma terbalik).
  3. Windows PowerShell akan menghasilkan laporan baterai dalam format file .html dan menyimpannya ke drive C di laptop Anda.
  4. Sekarang buka drive C dan klik file laporan baterai.

Laporan ini menunjukkan detail penggunaan baterai laptop Anda, prediksi mengenai sisa masa pakainya berdasarkan pengisian sebelumnya, dan data lainnya.

Ini juga termasuk jumlah siklus baterai yang tersisa. Jika laporan baterai menunjukkan kerusakan atau menunjukkan jumlah siklus melebihi batasnya, inilah saatnya untuk mengganti baterai.

6. Periksa laptop apakah terlalu panas

Terlalu panas, seperti semua elektronik lainnya, memiliki efek buruk pada baterai. Jika laptop Anda terlalu panas, ada kemungkinan baterai menjadi hangat dan menyebabkan kerusakan.

Sistem pengisian daya dapat tidak berfungsi sebagai akibat dari kesalahan sensor baterai, salah menunjukkan bahwa baterai terisi penuh atau benar-benar kosong, yang mengakibatkan masalah.

Anda mungkin juga menemukan bahwa sistem Anda mati untuk mencegah panas berlebih dan mengakibatkan kebakaran. Jika baterai memanas, matikan laptop selama beberapa menit. Saat laptop mendingin, mulailah lagi.

7. Jalankan troubleshooter

Pemecah masalah daya membantu dalam mendeteksi masalah yang disebabkan oleh kesalahan apa pun dengan catu daya. Jika laptop Anda mengalami masalah dengan konsumsi daya, Anda mungkin mendapat manfaat dari mempelajari cara menggunakan pemecah masalah Windows 10 Power.

Untuk menjalankan Pemecah Masalah Daya:

  1. Tekan tombol Windows + I. Buka Perbarui & keamanan.
  2. Klik Pecahkan masalah di panel kiri. Di panel kanan, klik Pemecah masalah tambahan.
  3. Sekarang pilih Daya dari opsi dan klik Jalankan pemecah masalah. Pemecah masalah akan mulai mendeteksi masalah apa pun yang terkait dengan catu daya.
  4. Pemecah masalah Daya memberikan analisis masalah setelah pemindaian. Pemecah Masalah kemungkinan besar akan memperbaiki masalah apa pun dengan catu daya. Namun, dalam beberapa keadaan, ini mungkin memberikan beberapa saran.

Kesimpulan

Pada artikel ini, saya telah membahas solusi untuk masalah pengisian baterai laptop. Dalam kebanyakan kasus, perbaikan cepat berfungsi untuk sebagian besar pengguna.

Pengguna yang berbeda mengalami masalah yang berbeda. Terkadang, mungkin ada masalah kesehatan baterai, kabel pengisi daya padam, atau masalah pada port pengisi daya. Ketika Anda telah melakukan semua penelitian Anda dan mencoba setiap tip dan trik pemecahan masalah yang mungkin, pilihan terbaik terakhir Anda adalah mencari bantuan ahli. Bawa laptop Anda ke bengkel tepercaya untuk pemecahan masalah terperinci lebih lanjut.

Adapun pembahasan yang terkait diantaranya: baterai laptop tidak mengisi saat dicas,baterai laptop acer tidak mengisi, cara mengatasi baterai laptop drop 0 tidak bisa charge, baterai laptop asus plugged in charging tapi tidak mengisi, cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi dan baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi windows 10